Ustad Syech Ali Jaber Ditusuk Di Kota Bandarlampung

Ustad Syekh Ali Jaber ditusuk seseorang yang mengaku bernama Albert dalam suatu acara di halaman Masjid Falahuddin, Jl. Tamin Sukajawa, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandarlampung, Minggu (13/9), pukul 17.30 WIB.


Saat peristiwa, Sjekh Ali Jaber asal Madinah tersebut sedang mengisi tablig dan menyimak pembacaan Alquran oleh anak-anak hafidz di halaman masjid .

Kejadiannya begitu cepat, pelaku berkaos biru dan celana jins berlari dari depan panggung, naik, dan langsung menghujamkan pisau ke arah Sjekh Ali Jaber. 

Ulama besar tersebut berusaha mengelak hingga kena pundak melukai lengan bagian atas Sjekh. Hujaman pisau begitu kuat sampai pisaunya patah menancap dekat pundak Sjekh.

Palaku ketika menancapkan pisaunya ke tubuh Syekh Ali Jaber/Ist

Mereka yang berada sekitar ustad dengan sigap membekuk pelaku dan menguasai keadaan. Sjekh langsung dibawa ke puskesmas terdekat, yakni Puskemas Gedongair. 

Pelaku yang mengaku bernama Albert atau bernama lengkap A. Alfian Andrian (24) berhasil dibekuk massa dan diamankan pihak kepolisian.

Aparat kepolisian dari Polsek Tanjungkarang Barat, pukul 17.50 WIB, mengamankan pelaku beserta orangtuanya yang rumahnya tak jauh dari lokasi dari amuk massa

Dalam hitungan menit, foto dan video amatir peristiwa langsung beredar ke grup-grup media sosial. 

Pelaku ketika baru dibekuk jamaah pengajian/Ist.

Berdasarkan keterangan dari orangtua pelaku, inisial R (46) kepada aparat keamanan, A. lfian Andrian sudah empat tahun ini mengalami ganguan kejiwaan.

Di banyak grup WA, nitizen banyak yang menyesalkan terjadinya penusukan terhadap yang sudah sepuluh tahunan tinggal di Indonesia.

"Harus diungkap sampai ke akar-akarnya peristiwa penganiayaan terhadap ustad," ujar Ustad Imam Asrofi dari Keluarga Besar Pengurus Pelajar Islam Indonesia (PII) Lampung.