Koh Ahan Dilaporkan Tembak Perahu Nelayan Teluk Ratai

Koh Ahan, anggota Krakatau Shooting Club, binaan Perbakin, dilaporkan menembak nelayan yang sedang mencari ikan sekitar pulau miliknya di Wayratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.


Handi Saputra, nama lengkap Koh Ahan, diduga menembak pakai peluru tajam. 

Kasus yang kini tengah ditangani Polisi Air (Polairud) Polda Lampung itu sebelumnya diproses oleh Direskrim Umum (Disreskrimum) Polda Lampung.

Selasa (8/9), Disreskrimum Polda Lampung Kombes Pol. Muslimin membenarkan kasus yang telah tertuang dalam laporan No.Pol 1269, 27 Juli 2020.

Dir Polairud Polda Lampung Kombes Pol. Sis Mulyono juga membenarkan telah menerima pelimpahkan berkas perkara kasus penembakan tersebut.

"Ya benar, berkas laporan perkara kasus penembakan perahu nelayan telah diterima dari pelimpahan Direskrimum Polda Lampung,” katanya.

Menurut Kombes Pol. Sis Mulyono, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan terlebih dahulu menggelar perkara sebelum memanggil saksi maupun pelapor tiga hari lagi.

Mantan Ka SPN Kemiling ini mengaku belum bisa memaparkan peristiwa penembakan tersebut. Dia minta bersabar setelah pemeriksaan saksi dan pelapor.

Sekretaris Perbakin Koh Rudi menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada pihak kepolisian dan penegakan disiplin kepada Perbaiki Lampung.

Anggota Disiplin Perbakin Lampung Antoni menyatakan jika terbukti oleh pihak kepolisian bersalah pihaknya akan segera melakukan penegakan disiplin berupa pembekuan keanggotannya.